Monday, February 2, 2009

Wasir / Ambeian

Apakah Anda banyak menghabiskan waktu dengan duduk, berdiri, dalam waktu lama, atau sering mengangkat beban berat? Jika ya, Anda sebaiknya waspada, Apalagi jika Anda hanya sedikit mengkonsumsi air putih dan sayuran berserat. Anda berpotensi terserang wasir atau ambeian.
Wasir atau ambeian atau sering kita kenal dengan Hemmarrhoids untuk istilah kedokterannya adalah penyakit yang timbul karena pembuluh-pembuluh darah di daerah anus melebarakibat aliran darah ke jantung terhambat. “Pembuluh yang melebar ini akan ditutupioleh selaput lendir, kulit, jaringan ikat atau otot-otot polos, yang lama-kelamaan akan membengkak dan membentuk tonjolan,”

PENYEBAB WASIR:
-Peningkatan tekanan vena disekitar rectum dan anus yang disebabkan oleh mengejan pada saat buang air besar.
-Pada proses kehamilan dan kelahiran
-Beberapa pekerjaan yang menyita banyak waktu duduk, berdiri lama, dan mengangkat yang berat-berat.

Beberapa jenis makanan yang merangsang, seperti cabe dan rempah-rempah pun dapat memicu wasir, karena zat dalam makanan tersebut membuat pembuluh darah gampang melebar. Penyakit diare kronis juga dapat menimbulkan wasir. Saat diare, kita buang air berulang-ulang, sehingga pembuluh darah melebar dan tertutup oleh selaput lendir, jaringan ikat atau kulit, terlalui oleh kotoran dan terinfeksi.

kunjungi webblog : http://hemmarrhoids.blogspot.com

No comments:

Post a Comment